4 Tips Implementasi Software Akuntansi Online untuk Perusahaan Dagang - Refine Accounting
Skip to content

4 Tips Implementasi Software Akuntansi Online untuk Perusahaan Dagang

Di artikel ini kami akan membahas tips-tips implementasi software akuntansi online untuk Anda yang bergerak di Industri Retail & Distribusi atau Dagang.

Mungkin Anda melihat bahwa perusahaan Anda saat ini sudah sangat kacau dan susah sekali untuk dibuat rapi dan sistematis.

Atau mungkin Anda memiliki banyak pertanyaan bagaimana implementasi software akuntansi yang baik untuk perusahaan Anda? Nah di artikel ini kami akan membahasnya.

Buat Struktur Master Data Yang Baik

Salah satu kesalahan yang sangat fatal dalam implementasi software akuntansi adalah master data yang kacau. Contoh master data yang kacau: data kembar, susunan nama yang tidak standard, penggunaan singkatan-singkatan yang tidak semua paham. Oleh karena itu tips yang pertama adalah perbaiki master data Anda dengan baik. Pastikan tidak ada data master yang kembar dan susunan yang sama pada setiap data.

Bagi Akses Sesuai Job Deskripsi

Tips kedua supaya implementasi software akuntansi Anda berhasil, pastikan Anda sudah membagi peran user sesuai dengan job deskripsi. Bagaimana Anda mengunci data-data yang dapat di akses dan tidak dapat di akses oleh peran tertentu. Sehingga tidak semua user dapat mengakses data yang sama.

Proses Cut Off Yang Jelas

Tips ketiga adalah tentukan cut off yang jelas. Tanggal cut off ini akan mempengaruhi saldo awal perusahaan Anda, nilai saldo awal tentu nantinya sangat mempengaruhi saldo akhir setiap bulan.

Pencocokan Manual

Sudah pakai program masih butuh perhitungan manual? Perhitungan manual disini utamanya untuk pengecekan silang dengan program. Kesalahan-kesalahan masih mungkin terjadi dalam implementasi program karena yang melakukan input adalah manusia. Adakalanya human error terjadi sehingga membuat laporan salah. Oleh karena itu pencocokan merupakan salah satu proses yang tidak dapat dilewati dalam sebuah implementasi software akuntansi.

Kesimpulan

Membeli software akuntansi tidak serta merta akan membuat perusahaan Anda lebih rapi. Anda sebagai pemilik bisnis memegang peran penting untuk menentukan implementasi dari sebuah software akuntansi berhasil atau tidak.

Ikuti terus artikel-artikel kami untuk mendapatkan tips-tips yang berguna untuk mengembangkan bisnis Anda.